Thursday 21 November 2013

Pengertian Dan Fungsi Bridge Vs Acces Point

Perbedaan Fungsi Bridge Wireless & Fungsi Acces Point

fungsi bridge dan acces point
fungsi bridge dan acces point
Fungsi Bridge wireless dan dan Fungsi acces point sama-sama menawarkan link melalui konektivitas radio kejaringan komputer, tetapi fungsi bridge dan acces point secara struktural dan fungsional dirancang untuk melayani tujuan yang agak berbeda. Perbandingan bridge wireless vs. acces point disajikan dalam artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan fungsi dan aplikasi di antara kedua perangkat tersebut.
Konfigurasi jaringan wireless luas ruang kantor perusahaan memerlukan instalasi banyak perangkat jaringan, untuk memfasilitasi konektivitas atas seluruh jaringan. Fungsionalitas Dua perangkat ‘Wireless Bridge’ dan ‘Wireless Access Point’, mungkin membingungkan bagi anda. Perbedaan fungsi bridge dan acces point yang kelihatannya saling tumpang tindih mengenai kedua perangkat jaringan ini. Pada artikel ini saya mencoba menjelaskan perbedaannya mulai dari pengertian bridge, pengertian acces point dan fungsi bridge vs acces point
Pengertian bridge adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang bertugas menghubungkan beberapa jaringan untuk memperoleh jaringan yang efiesien. Umumnya bridge memiliki kemampuan mengetahui masing-masing Alamat IP dari tiap segmen komputer yang berbeda di jaringan disekitarnya.
Ibaratnya sebuah jembatan, fungsi  bridge menjembatani dan mengatur lalu lintas dari setiap segmen jaringan  pada saat jam-jam sibuk. Fungsi Bridge mengatur agar informasi di antara kedua sisi jaringan agar tetap berjalan dengan baik & teratur. Bridge juga dapat digunakan untuk koneksi jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda maupun topologi jaringan komputer yang berbeda pula.

Pengertian Bridge Wireless Dan Fungsi Bridge Wireless

Jaringan komputer cenderung dibagi menjadi berbagai segmen yang perlu diintegrasikan bersama-sama. Dalam sebuah jaringan fungsi bridge menghubungkan segmen jaringan agar dapat dibagi bersama-sama, memfasilitasi berbagi data. Sebelum munculnya teknologi Wi-Fi, Bridge jaringan terhubung melalui kabel ethernet. Secara khusus, dalam referensi model layer OSI, jaringan Bridge menghubungkan segmen pada layer 2 (data link layer).
Wireless Bridge adalah merupakan perangkat keras komputer cerdas dibandingkan dengan hub dan Repeater, yang mengontrol aliran data ke sana kemari, dari segmen jaringan yang terhubung. Fungsi bridge wireless melakukan fungsi yang sama menghubungkan segmen jaringan, tetapi tidak melalui link Wi-Fi dan bukan pula link kabel ethernet. Bridge dapat menghubungkan dua jaringan radio link bersama, untuk memfasilitasi konektivitas dan transfer data antara mereka.
Fungsi Bridge wireless semacam ini juga dapat menghubungkan jaringan ethernet, dengan acces point atau router wireless, untuk konektivitas jaringan Internet.
Dengan menggunakan ”sistem distribusi wireless’, Bridge ditetapkan untuk menghubungkan beberapa jaringan. Ada lebih dari satu jenis bridge wireless, mulai dari bridge wireless dasar yang memfasilitasi konektivitas ethernet dengan wireless acces point.

Pengertian Wireless Access Point

Seperti pada namanya fungsi utama wireless access point adalah menyediakan akses Internet dengan menghubungkan perangkat wireless dengan router. Fungsi Acces poit sebagai Extender (perpanjangan) dari jaringan Wi-Fi, dengan langsung menyediakan akses Internet jarak jauh. Dikenal sebagai ‘Hotspot Wireless, Acces point adalah instrumen jaringan yang paling banyak digunakan. Jadi fungsi Acces point wireless menyediakan konektivitas Internet dan LAN ke perangkat secara bersamaan.
Beberapa wireless access point juga menyediakan fungsi bridge wireless, dengan menyediakan konektivitas antara dua jaringan wireless. Akses modern dapat menghubungkan lebih dari 200 perangkat wireless secara bersamaan..
Wireless Bridge Vs Access Point
Titik pusat perbedaan antara dua perangkat terletak pada fungsinya. Bridge wireless dirancang untuk mengintegrasikan dua jaringan fisik terpisah melalui radio link, sedangkan access point menghubungkan perangkat nirkabel dengan beberapa router. Dengan demikian, Bridge wireless menghubungkan dua kelompok komputer bersama-sama dan bridge menghubungkan beberapa perangkat nirkabel dengan koneksi internet secara bersamaan. Sebuah bridge juga dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan ethernet yang ada dengan akses point.
Meskipun sebelumnya bridge wireless  dan Acces poit diproduksi secara terpisah, namun saat ini kombinasi dari kedua perangkat tersebut lebih populer digunakan. Kombinasi Perangkat ini menawarkan fungi bridge dan konektivitas beberapa perangkat nirkabel. Oleh karena itu, batasan kedua perangkat menjadi kabur dari segi fungsi wireless acces point dan fungsi bridge wireless.
Categories:

0 comments:

Post a Comment